logo blog
Selamat Datang Di Blog DM Herbal
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog DM Herbal,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian besar dari anda pasti pernah mendengar buah sawo. Buah yang manis dan segar ini. Buah sawo cukup terkenal di Indonesia. Ternyata, di bailk rasanya yang manis ini, manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Achras Sapota L atau yang lebih lazim disebut sawo ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai sapodilla atau chikoo, sedangkan di India sawo disebut sebagai chikoo, di Filipina sawo dipanggil dengan tsiko, Malaysia menyebutnya ciku dan masyarakat Tionghua menyebutnya hong xiem.

manfaat buah sawo untuk kesehatanNah, ingin tahu manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh ? Simaklah yang berikut ini.
1. Mengenal buah sawo
Sebelum kita mengenal manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh, sebaiknya kita pelajari dulu asal muasa buah yang satu ini. Sawo berasal dari Amerika tengah dan Meksiko. Meskipun begitu, sekarang di India, Sri Lanka, Filipina, Venezuela, dan Guatemala buah ini sudah mulai dibudidayakan sebagai tanaman komersil. Di Indonesia, budidaya buah sawo ini dilakukan di daerah-daerah seperti, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Pada umumnya sawo dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya. Sawo mempunyai biji yang berwarna hitam mengkilat atau coklat kehitaman dengan bentuk pipih dan besar. Biji sawo juga mengandung saponin, kuersetin, dan minyak sebanyak 23 %. Sebaiknya biji sawo tidak dikonsumsi karena bijinya mengandung asam hidrosianik yang tinggi dan dapat menjadi racun dalam tubuh. Bunga sawo juga sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parem , yaitu bubuk obat tradisional yang digosokkan pada seluruh badan pada ibu yang baru melahirkan. Tanaman sawo pada umumnya mampu mencapai ketinggian 20 m dan memiliki daun yang berbentuk bulat memanjang dan tumbuh bergerombol pada bagian ujung ranting. Bentuk buahnya ada yang bulat, bulat telur, hingga bulat memanjang. Warna kulit buahnya matang coklat, coklat kekuningan, coklat kemerahan, atau hijau. 

Banyak sekali jenis-jenis sawo ini, diantaranya yang cukup populer :
- Sawo manila, yang berbentuk lonjong, banyak mengandung air dan memiliki daging buah yang cukup tebal. Sawo manila adalah jenis sawo yang paling populer di Asia tenggara.
- Sawo duren, berbentuk bulat hingga bulat telur, dengan kulit buah licin mengkilap, kulitnya agak tebal, banyak mengandung lateks dan tidak dapat dimakan
- Sawo mentega, buahnya berbentuk bulat gelendong, bulat telur terbalik dan memanjang, berwarna hijau mengkilap dan memiliki rasa yang manis. Inilah uraian singkat mengenai buah sawo.

2. Manfaat sawo
Manfaat sawo bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya :
- Daun sawo sangat baik dijadikan sebagai pengobatan untuk radang pada mulut.
- Kulit sawo mengandung tannin, yang bermanfaat untuk menghentikan diare.
- Buah sawo yang manis sering dimanfaatkan orang-orang untuk mengobati diare atau mencret.
- Kayu pada tanaman sawo ini sering digunakan orang untuk dijadikan sebagai perabotan rumah tangga, patung, dan ukir-ukiran.
- Buah sawo, khususnya sawo mentega kerap dihaluskan dan dijadikan sebagai campuran es krim atau susu kocok (milkshake).
- Lateks dalam beberapa jenis sawo sering diambil untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan permen karet.
- Kebanyakan buah sawo dijadikan sherbet untuk campuran es krim atau dijadikan selai.
- Sari buah sawo sering dipekatkan dan dijadikan sirup, atau difermentasikan menjadi anggur dan cuka.
- Kayu sawo memiliki keawetan yang baik, sehingga sering dijadikan sebagai gasing oleh anak-anak.
- Lateks (getah susu) dalam tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menambal gigi.
- Rebusan daun sawo duren dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes dan rematik.
- Dari kulit katu tanaman ini dihasilkan obat batuk dan obat kuat, yang dapat membantu anda dalam menjaga stamina tubuh.
- Kandungan kalium dan natrium dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
- Bagi anda yang menderita diabetes, sangat tidak dianjurkan untuk memakan buah ini, karena dapat meingkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. 

Banyak sekali bukan manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh ? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Masukkan alamat email Anda untuk mendapatkan update dari DM Herbal.
Print PDF
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

Copyright © 2014. DMHerbal - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger